Senin, 25 Maret 2013

PROPOSAL PROYEK Sistem Pembayaran dan Pendaftaran TPA Al- Kautsar

Hal      : Proposal                                                                                     Jakarta, 10 April 2012
Kepada Yth,
Kepala Sekolah TPA Al- Kautsar.
Di tempat 

Dengan Hormat,

Puji dan syukur kita panjatkan kepada Tuhan yang Maha Esa. Karena lindungan dan hidayahnya kita bisa melakukan berbagai inovasi teknologi dalam pengembangan sebuah sistem. Ucapan terima kasih kepada pihak TPA Al- Kautsar yang telah memberikan kesempatan untuk pengajuan proposal dalam proses pengembangan sebuah sistem yang ada di TPA Al- Kautsar.
Berdasarkan perkembangan sistem yang ada saat ini, kami akan mengembangkan sebuah Sistem Pembayaran dan Pendaftaran TPA Al- Kautsar.
Demikian proyek pengembangan sistem informasi yang kami tawarkan, jika bapak atau ibu berminat dengan proposal penawaran kami, kami menunggu kabar dari bapak atau ibu melalui telpon yang sudah tertera. Atas perhatian dan kerja samanya kami ucapkan terima kasih.

                                                                                                                       Hormat Kami



                                                                                                                     Tim pengembang


Nama Proyek
Proyek yang akan di kerjakan berjudul “ Sistem Pembayaran dan Pendaftaran TPA Al- Kautsar “.

Tujuan
Adapun tujuan dari pembuatan sistem tersebut adalah :
1.    Mempermudah segala aktivitas meliputi pambayaran dan pendaftaran yang awalnya dilakukan dengan manual menjadi terkomputerisasi.
2.    Meningkatkan kualitas sistem yang lebih baik dibandingkan sebelumnya.

Manfaat
Adapun manfaat dari pembuatan sistem tersebut adalah :
1.      Dapat membuat sistem pembayaran dan pendaftaran secara lebih mudah dan terperinci.
2.      Dapat mensosialisasikan sistem pembayaran dan pendaftaran TPA Al-Kautsar pada user, stakeholder, dan masyarakat luas.
3.      Dapat mengakses dan menambahkan informasi yang lebih efisien.

Batasan masalah
Masalah yang akan kita bahas adalah mengenai pembayaran dan pendaftaran serta menampilkan info dan profil TPA Al- Kautsar.

Metodologi  yang Digunakan
Metodologi SDLC ( System Development Life Cycle / Siklus Hidup Pengembangan Sistem ) dalam rekayasa sistem dan rekayasa perangkat lunak, adalah proses pembuatan dan pengubahan sistem serta model dan metodologi yang digunakan untuk mengembangkan sistem-sistem tersebut. Konsep ini umumnya merujuk pada sistem komputer atau informasi. SDLC juga merupakan pola yang diambil untuk mengembangkan sistem perangkat lunak, yang terdiri dari tahap-tahap: rencana ( planning ), analisa ( analysis ), desain ( design ), implementasi ( implementation ), uji coba ( testing ) dan pengelolaan ( maintenance ). 
Dalam rekayasa perangkat lunak, konsep SDLC mendasari berbagai jenis metodologi pengembangan perangkat lunak. Metodologi-metodologi ini membentuk suatu kerangka kerja untuk perencanaan dan pengendalian pembuatan sistem informasi, yaitu proses pengembangan perangkat lunak.

Metode yang Digunakan
Metode yang digunakan adalah Incremental Model. Metode ini mengkombinasikan elemen-elemen waterfall yang diterapkan secara berulang (iterative). Model proses ini hampir sama dengan model proses Waterfall. Bedanya adalah model proses ini dilakukan secara bertahap dan tahap pengerjaan dilakukan permodul. Bisa dikatakan Incremental adalah bentuk pengulangan secara bertahap dari Waterfall. Apabila aliran proses dari Communication sampai Deployment telah selesai pada tahap pertama, maka dilanjutkan pada pengerjaan tahap kedua yang aliran prosesnya sama yaitu dari Communication sampai Deployment. Proses ini berlangsung berulang-ulang secara bertahap sampai tahap final. Tahap pertama adalah tahap yang penting karena tahap pertama merupakan tahap kunci dan produk perdana dalam pengembangan karena apabila produk pada tahap pertama gagal, maka tahap selanjutnya tidak akan berjalan. Tahap pertama sering disebut dengan Core Product. 
Alur yang digunakan yaitu alur iterative yang terdiri dari tahapan perencanaan sistem (rekayasa sistem), analisa kebutuhan, desain, penulisan program, pengujian dan perawatan sistem. Langkah-langkah dari alur iterative adalah memungkinkan builder dari tahap modeling kembali ke tahap planning, bahkan dari tahap construction bisa kembali ke tahap communication.

· Communication. Aktivitas yang dibutuhkan untuk membangun komunikasi yang efektif antara developer dengan user / customer terutama mengenai kebutuhan dari customer.
· Planning. Aktivitas perencanaan ini dibutuhkan untuk menentukan sumberdaya, perkiraan waktu pengerjaan, dan informasi lainnya yang dibutuhkan untuk pengembangan software.
·  Modelling. Permodelan ini diawali dengan mencari kebutuhan dari keseluruhan sistem yang akan diaplikasikan ke dalam bentuk software.
· Construction. Aktivitas yang dibutuhkan untuk develop software, testing, instalasi dan penyediaan user / costumer support seperti training penggunaan software serta dokumentasi seperti buku manual penggunaan software.
· Deployment. Adalah delivery atau pengiriman aplikasi yang sudah diterima user, termasuk proses training terdapat di tahap ini.
· Maintenance. Pemeliharaan suatu software diperlukan, termasuk di dalamnya adalah pengembangan, karena software yang dibuat tidak selamanya hanya seperti itu. Ketika dijalankan mungkin saja masih ada errors kecil yang tidak ditemukan sebelumnya, atau ada penambahan fitur-fitur yang belum ada pada software tersebut. Pengembangan diperlukan ketika adanya perubahan dari eksternal perusahaan seperti ketika ada pergantian sistem operasi, atau perangkat lainnya.
 Perkiraan Biaya
Biaya yang diperkirakan untuk pembuatan proyek ini adalah sebesar Rp 2.300.000 dengan rincian biaya sebagai berikut :
Spesifikasi
Jumlah
Perencanaan proyek dengan Microsoft Project 2003
Rp.    800.000
Pembuatan aplikasi dengan Visual Basic 6.0
Rp. 1.200.000
Akomodasi
Rp.   300.000
Total
Rp  2.300.000
Lama Pengerjaan Proyek
Pembuatan proyek ini memerlukan waktu sekitar 4 bulan dengan rincian waktu sebagai berikut :

April
Mei
Juni
Juli
I
II
III
IV
I
II
III
IV
I
II
III
IV
I
II
III
IV
Communication
















Planning
















Modelling














Construction
















Deployment
















Maintenance and Trainee

Stakeholder dan Struktur Organisasi
Adapun stakeholder dari proyek ini adalah sebagai berikut :
System Owner                         : Pengurus TPA. AL-KAUTSAR
Team Leader                           : Tri Utami
System Analyst                        : Tri Utami
 Nuranita Permatasari
Designer                                  : Hady Safruddin
Builder                                    : Janu Franstio
Documentator                         : Aziza Ameilia
Engineer and Trainer               : Tri Utami dan Nuranita Permatasari

Struktur organisasinya adalah sebagai berikut :

Penutup
Demikianlah proposal ini kami buat, semoga dapat dijadikan acuan bagi proyek pengembangan Sistem Pembayaran dan Pendaftaran TPA Al-Kautsar. Kami berharap  semoga sistem ini dapat bermanfaat dalam pengembangan Sistem Pembayaran dan Pendaftaran TPA Al-Kautsar yang lebih efisien.
Contact Person
Team Leader
Nama   : Tri Utami
No. HP : 0856XXXX
Alamat : Jl. Mampang. Jakarta Selatan

Sumber : Tri Utami (Tya) - Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta

0 komentar:

Poskan Komentar