Kepada Yth,
Kepala Sekolah TPA Al- Kautsar.
Di tempat
Dengan Hormat,
Puji dan syukur kita panjatkan
kepada Tuhan yang Maha Esa. Karena lindungan dan hidayahnya kita bisa melakukan
berbagai inovasi teknologi dalam pengembangan sebuah sistem. Ucapan terima
kasih kepada pihak TPA Al- Kautsar yang telah memberikan kesempatan untuk pengajuan proposal dalam proses
pengembangan sebuah sistem yang ada di TPA Al- Kautsar.
Berdasarkan perkembangan sistem yang
ada saat ini, kami akan mengembangkan sebuah Sistem Pembayaran
dan Pendaftaran TPA Al- Kautsar.
Demikian proyek pengembangan sistem
informasi yang kami tawarkan, jika bapak atau ibu berminat dengan proposal
penawaran kami, kami menunggu kabar dari bapak atau ibu melalui telpon yang
sudah tertera. Atas perhatian dan kerja samanya kami ucapkan terima kasih.
Hormat Kami
Tim pengembang
Nama Proyek
Proyek yang akan di kerjakan berjudul “ Sistem
Pembayaran dan Pendaftaran TPA Al- Kautsar “.
Tujuan
Adapun
tujuan dari pembuatan sistem tersebut adalah :
1.
Mempermudah segala aktivitas meliputi
pambayaran dan pendaftaran yang awalnya dilakukan dengan manual menjadi
terkomputerisasi.
2.
Meningkatkan kualitas sistem yang
lebih baik dibandingkan sebelumnya.
Manfaat
Adapun
manfaat
dari pembuatan sistem tersebut adalah :
1.
Dapat membuat sistem pembayaran dan
pendaftaran secara lebih mudah dan terperinci.
2.
Dapat mensosialisasikan sistem
pembayaran dan pendaftaran TPA Al-Kautsar pada user, stakeholder, dan
masyarakat luas.
3.
Dapat mengakses dan menambahkan
informasi yang lebih efisien.
Batasan masalah
Masalah yang
akan kita bahas adalah mengenai pembayaran dan pendaftaran serta
menampilkan info dan profil TPA Al- Kautsar.
Metodologi yang Digunakan
Metodologi SDLC ( System
Development Life Cycle / Siklus Hidup Pengembangan Sistem )
dalam rekayasa
sistem dan rekayasa perangkat lunak, adalah proses pembuatan dan pengubahan
sistem serta model dan metodologi yang digunakan untuk mengembangkan
sistem-sistem tersebut. Konsep ini umumnya merujuk pada sistem
komputer atau informasi.
SDLC juga merupakan pola yang diambil untuk mengembangkan sistem perangkat
lunak, yang terdiri dari tahap-tahap: rencana ( planning ), analisa ( analysis
), desain ( design ),
implementasi ( implementation ), uji
coba ( testing ) dan pengelolaan ( maintenance ).
Dalam rekayasa
perangkat lunak, konsep SDLC mendasari berbagai jenis metodologi pengembangan perangkat lunak. Metodologi-metodologi ini membentuk suatu
kerangka kerja untuk perencanaan dan pengendalian pembuatan sistem informasi,
yaitu proses pengembangan perangkat lunak.
Metode yang Digunakan
Metode yang digunakan adalah Incremental
Model. Metode ini mengkombinasikan elemen-elemen waterfall yang diterapkan
secara berulang (iterative). Model proses ini
hampir sama dengan model proses Waterfall. Bedanya adalah model proses ini
dilakukan secara bertahap dan tahap pengerjaan dilakukan permodul. Bisa
dikatakan Incremental adalah bentuk pengulangan secara bertahap dari Waterfall.
Apabila aliran proses dari Communication sampai Deployment telah selesai pada
tahap pertama, maka dilanjutkan pada pengerjaan tahap kedua yang aliran
prosesnya sama yaitu dari Communication sampai Deployment. Proses ini
berlangsung berulang-ulang secara bertahap sampai tahap final. Tahap pertama
adalah tahap yang penting karena tahap pertama merupakan tahap kunci dan produk
perdana dalam pengembangan karena apabila produk pada tahap pertama gagal, maka
tahap selanjutnya tidak akan berjalan. Tahap pertama sering disebut dengan Core Product.
Alur yang digunakan yaitu alur iterative yang terdiri dari tahapan
perencanaan sistem (rekayasa sistem), analisa kebutuhan, desain, penulisan
program, pengujian dan perawatan sistem. Langkah-langkah dari
alur iterative adalah memungkinkan
builder dari tahap modeling kembali ke tahap planning,
bahkan dari tahap construction bisa kembali ke tahap communication.
· Communication. Aktivitas yang dibutuhkan untuk
membangun komunikasi yang efektif antara developer dengan user / customer
terutama mengenai kebutuhan dari customer.
· Planning. Aktivitas perencanaan ini dibutuhkan
untuk menentukan sumberdaya, perkiraan waktu pengerjaan, dan informasi lainnya
yang dibutuhkan untuk pengembangan software.
· Modelling.
Permodelan ini diawali dengan mencari kebutuhan dari keseluruhan sistem yang
akan diaplikasikan ke dalam bentuk software.
· Construction. Aktivitas yang dibutuhkan untuk develop software, testing,
instalasi dan penyediaan user / costumer support seperti training penggunaan
software serta dokumentasi seperti buku manual penggunaan software.
· Deployment. Adalah delivery atau pengiriman aplikasi yang sudah
diterima user, termasuk proses training terdapat di tahap ini.
· Maintenance. Pemeliharaan suatu software diperlukan, termasuk di dalamnya
adalah pengembangan, karena software yang dibuat tidak selamanya hanya seperti
itu. Ketika dijalankan mungkin saja masih ada errors kecil yang tidak ditemukan
sebelumnya, atau ada penambahan fitur-fitur yang belum ada pada software
tersebut. Pengembangan diperlukan ketika adanya perubahan dari eksternal
perusahaan seperti ketika ada pergantian sistem operasi, atau perangkat
lainnya.
Perkiraan Biaya
Biaya yang diperkirakan untuk pembuatan proyek
ini adalah sebesar Rp 2.300.000 dengan rincian biaya sebagai berikut :
Spesifikasi
|
Jumlah
|
Perencanaan proyek
dengan Microsoft Project 2003
|
Rp. 800.000
|
Pembuatan aplikasi
dengan Visual Basic 6.0
|
Rp. 1.200.000
|
Akomodasi
|
Rp. 300.000
|
Total
|
Rp 2.300.000
|
Lama Pengerjaan Proyek
Pembuatan proyek ini memerlukan waktu sekitar
4 bulan dengan rincian waktu sebagai berikut :
|
April
|
Mei
|
Juni
|
Juli
|
||||||||||||
I
|
II
|
III
|
IV
|
I
|
II
|
III
|
IV
|
I
|
II
|
III
|
IV
|
I
|
II
|
III
|
IV
|
|
Communication
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Planning
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Modelling
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
||
Construction
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Deployment
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Maintenance and Trainee
|
Stakeholder
dan Struktur Organisasi
Adapun stakeholder dari proyek ini adalah
sebagai berikut :
System Owner : Pengurus TPA.
AL-KAUTSAR
Team Leader : Tri Utami
System Analyst : Tri Utami
Nuranita Permatasari
Designer : Hady Safruddin
Builder : Janu Franstio
Documentator : Aziza Ameilia
Engineer and Trainer : Tri Utami dan
Nuranita Permatasari
Struktur
organisasinya adalah sebagai berikut :
Penutup
Demikianlah
proposal ini kami buat, semoga dapat dijadikan acuan bagi proyek pengembangan Sistem Pembayaran dan
Pendaftaran TPA Al-Kautsar. Kami berharap
semoga sistem ini dapat bermanfaat dalam pengembangan Sistem Pembayaran
dan Pendaftaran TPA Al-Kautsar yang lebih efisien.
Contact Person
Team Leader
Nama : Tri Utami
No. HP : 0856XXXX
Alamat : Jl. Mampang.
Jakarta Selatan
Sumber : Tri Utami (Tya) - Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta
0 komentar:
Posting Komentar