Sabtu, 08 Oktober 2011

Tugas 1 Softskill Bahasa Indonesia


1.  Pendahuluan
Dahulu PC merupakan perangkat komputer yang terdiri dari dua bagian utama, yaitu monitor (yang umumnya nampak seperti televisi tabung) dan CPU (central processing unit).
Namun kini, PC generasi baru tampil berbeda. Perkembangan teknologi memungkinkan penggabungan antara CPU dengan monitor dalam satu perangkat. Monitornya pun telah- menggunakan layar LCD yang mempunyai bentuk yang lebih ramping dibandingkan dengan monitor tabung yang ada sebelumnya. Alhasil, PC baru tak lagi membutuhkan ruangan yang luas untuk menempatkan monitor dan CPU.


2.  Batang Tubuh
Touch screen merupakan sebuah perangkat keras yang mirip seperti monitor komputer tetapi mempunyai kelebihan dibandingkan monitor biasa. Layar sentuh adalah layar tampilan komputer yang sensitif terhadap sentuhan manusia, sehingga seseorang dapat berinteraksi dengan komputer dengan cara menyentuh gambar atau tulisan yang terpampang pada layar komputer.
Touchscreen sering dipakai ditempat-tempat umum, misalnya di bandara dan rumah sakit. Sistem touchscreen tersedia dalam bentuk monitor yang sudah memiliki kemampuan layar sensitif sentuhan.
 Saat ini memang eranya layar sentuh, PC pun berevolusi sehingga menghasilkan PC generasi baru dengan kemampuan all-in-one


·                 Layar sentuh memiliki 3 komponen utama,yaitu :
1.   Touch Sensor
Touch sensor adalah lapisan penerima sentuhan dari luar monitor. Letaknya dibagian terdepan dari layar sentuh. Sensor ini sangat pekka terhadap sentuhan.
2. Controller
Controller adalah penghubung antara sensor dengan prosesor komputer. Ketika sensor merekam sentuhan,datanya diteruskan ke pengontrol. Controller bertugas untuk menterjemahkan informasi dari processor untuk diubah menjadi sebentuk gambar yang ditampilkan di atas layar monitor.
3. Software driver
Software driver merupakan sebuah software pengatur yang diinstal pada perangkat komputer atau PC yang tugasnya adalah untuk mengatur agar perangkat touchscreen dan komputer dapat bekerja sama. Software driver akan mengatur operating system dari perangkat computer.



·                      Jenis-jenis layar sentuh
Capacitive
Layar sentuh ini memanfaatkan arus listrik dari tubuh manusia. Ketika jari menyentuh layar,terjadi perubahan arus listrik. Perubahan ini dikirim ke sensor sentuh. Lalu,diteruskan ke pengontrol. Layar  sentuh ini hanya bekerja dengan sentuhan jari. Kalau disentuh benda-benda lain seperti kuku jari,layar ini tidak akan bereaksi.
Resitive
Jenis layar sentuh ini memiliki beberapa lapisan. Tapi,ada dua lapisan yang terpenting. Jarak antar kedua lapisan itu dekat sekali. Jika layar disentuh atau ditekan,kedua lapisan itu akan bersentuhan. Layar sentuh ini dapat disentuh jari,kuku jari,stylus,dll. Tetapi kadang layar seperti ini kurang peka sehingga perlu lebih ditekan.
Surface Acoustic Wave
Layar sentuh ini menggunakan gelombang ultrasonik yang melewati layar sentuh. Ketika lapisan layar disentuh,sebagian gelombang akan terserap. Perubahan itu menandakan letak posisi sentuhan. Kemudian,perubahan gelombang dikirim ke pengontrol untuk diproses.
Multi Sentuh
Layar ini dapat disentuh oleh lebih dari satu jari,bahkan disentuh oleh puluhan jari dari tangan yang berbeda-beda secara bersamaan. Dengan layar multi sentuh ini,kita bisa membesarkan,mengecilkan,mengubah posisi dan memindahkan posisi objek pada layar monitor.

·                      Kekurangan layar sentuh
Sedikit saja terdapat debu,air atau benda lain yang menempel di atasnya maka layar sentuh dapat mendeteksinya sebagai suatu sentuhan. Maka itu layar sentuh harus dijaga dengan ekstra hati-hati.


3.  Penutup
·        Kesimpulan
Pengguna dapat berinteraksi langsung dengan komputer dan mendapatkan pengalaman baru melalui sentuhan tangan dan fitur-fitur multimedia di dalamnya.


·        Saran
Jika kita ingin merasakan layar touchscreen namun tidak punya PDA atau Tablet PC,pergilah ke mall-mall atau ke mesin ATM. Di sana kita akan menemukan sebuah aplikasi touchscreen.

0 komentar:

Posting Komentar