Sabtu, 08 Oktober 2011

Seledri Membantu Daya Kerja Otak

Semakin bertambahnya usia, maka daya memori seseorang akan semakin menurun. Kini, agar Anda bisa tetap meningkatkan ketajaman otak, konsumsilah seledri yang biasanya digunakan sebagai penyedap atau hiasan hidangan.


Sebuah penelitian menunjukkan bahwa senyawa luteolin yang ditemukan pada sayuran tersebut efektif memperlambat penurunan kognitif pada tikus tua. Dalam penelitian itu, tikus yang diberi makanan yang diperkaya luteolin, ternyata memiliki otak yang berfungsi sama dengan tikus-tikus yang lebih muda.

Luteolin, mirip dengan quercetin, adalah sebuah flavonoid, yang bisa melawan proses penuaan pada semua sel tubuh kita, dan berhubungan dengan rendahnya risiko kanker dan penyakit jantung. Di otak, flavonoid melindungi sel dari proses penuaan dengan mengurangi peradangan.

Luteolin juga ditemukan pada kebanyakan daun-daunan lainnya, seperti peterseli, daun teh chamomile, rosemary, oregano atau yang terkenal dengan nama olive oil, wortel dan peppermint.

Sayuran yang tumbuh di dataran rendah dan tinggi ini ternyata juga mampu melawan sel kanker, karena adanya kandungan apigenin. Mengonsumsi jus seledri juga efektif meredakan sakit kepala atau migrain.

Terapi Asam Cuka Deteksi Kanker Serviks

Asam cuka ternyata tidak hanya menambah rasa sedap dalam masakan, tapi juga berguna mendeteksi dini kanker serviks secara mudah dan murah. Deteksi dini kanker serviks dengan asam cuka ini disebut metode IVA (Inspeksi Visual dengan Asam Asetat). Metode ini sudah dikenalkan sejak 1925 oleh Hans Hinselman dari Jerman, tetapi baru diterapkan sekitar tahun 2005.


Kementerian Kesehatan RI pun sudah mengadopsinya. Cara ini selain mudah dan murah, juga memiliki keakuratan sangat tinggi dalam mendeteksi lesi atau luka prakanker, yaitu mencapai 90 persen.

Deteksi dini dengan cara mengoleskan asam cuka 3-5 persen di daerah mulut rahim (serviks) ini tidak harus dilakukan oleh dokter, tetapi bisa dipraktikkan oleh tenaga terlatih seperti bidan di puskesmas. Dan dalam waktu sekitar 60 detik sudah dapat dilihat jika ada kelainan, yaitu munculnya plak putih pada serviks. Plak putih ini bisa diwaspadai sebagai luka prakanker.

Badan Kesehatan Dunia (WHO) telah meneliti penerapan IVA di India, Thailand, dan Zimbabwe. Efektivitasnya ternyata tidak lebih rendah daripada pap smear.

Selain kinerja yang sama dengan tes lain dan hasilnya bisa segera diketahui, IVA juga menawarkan keuntungan lain, yakni praktis, hanya memerlukan alat sederhana, dan harganya terjangkau.

Inke Maris, pakar komunikasi yang juga salah seorang pendiri Inisiatif Pencegahan Kanker Serviks Indonesia (Ipkasi), mengatakan sudah banyak puskemas yang mampu memberikan layanan tes IVA ini dengan biaya sekitar 15 ribu rupiah.

"Bahkan, sejumlah daerah sudah menerbitkan Perda yang menetapkan harga hanya 5 ribu rupiah untuk pemeriksaan IVA.
Terapi ini berlangsung singkat, kira-kira 5 menit. Memang ada rasa tidak nyaman ketika menjalani terapi ini. Kebanyakan perempuan merasakan sensasi dingin dan sedikit kram, atau kadang terasa hangat menjalar di tubuh bagian atas serta wajah.

Kemudahan dalam melakukan pemeriksaan sekaligus penanganan jika ditemukan luka prakanker ini memacu membuat program See and Treat semakin banyak diterapkan di sejumlah puskesmas. Diharapkan dengan IVA, akan makin banyak perempuan yang terjangkau oleh deteksi dini kanker serviks, sehingga angka kejadian kanker ini dapat diturunkan.

Tugas 1 Softskill Bahasa Indonesia


1.  Pendahuluan
Dahulu PC merupakan perangkat komputer yang terdiri dari dua bagian utama, yaitu monitor (yang umumnya nampak seperti televisi tabung) dan CPU (central processing unit).
Namun kini, PC generasi baru tampil berbeda. Perkembangan teknologi memungkinkan penggabungan antara CPU dengan monitor dalam satu perangkat. Monitornya pun telah- menggunakan layar LCD yang mempunyai bentuk yang lebih ramping dibandingkan dengan monitor tabung yang ada sebelumnya. Alhasil, PC baru tak lagi membutuhkan ruangan yang luas untuk menempatkan monitor dan CPU.


2.  Batang Tubuh
Touch screen merupakan sebuah perangkat keras yang mirip seperti monitor komputer tetapi mempunyai kelebihan dibandingkan monitor biasa. Layar sentuh adalah layar tampilan komputer yang sensitif terhadap sentuhan manusia, sehingga seseorang dapat berinteraksi dengan komputer dengan cara menyentuh gambar atau tulisan yang terpampang pada layar komputer.
Touchscreen sering dipakai ditempat-tempat umum, misalnya di bandara dan rumah sakit. Sistem touchscreen tersedia dalam bentuk monitor yang sudah memiliki kemampuan layar sensitif sentuhan.
 Saat ini memang eranya layar sentuh, PC pun berevolusi sehingga menghasilkan PC generasi baru dengan kemampuan all-in-one


·                 Layar sentuh memiliki 3 komponen utama,yaitu :
1.   Touch Sensor
Touch sensor adalah lapisan penerima sentuhan dari luar monitor. Letaknya dibagian terdepan dari layar sentuh. Sensor ini sangat pekka terhadap sentuhan.
2. Controller
Controller adalah penghubung antara sensor dengan prosesor komputer. Ketika sensor merekam sentuhan,datanya diteruskan ke pengontrol. Controller bertugas untuk menterjemahkan informasi dari processor untuk diubah menjadi sebentuk gambar yang ditampilkan di atas layar monitor.
3. Software driver
Software driver merupakan sebuah software pengatur yang diinstal pada perangkat komputer atau PC yang tugasnya adalah untuk mengatur agar perangkat touchscreen dan komputer dapat bekerja sama. Software driver akan mengatur operating system dari perangkat computer.



·                      Jenis-jenis layar sentuh
Capacitive
Layar sentuh ini memanfaatkan arus listrik dari tubuh manusia. Ketika jari menyentuh layar,terjadi perubahan arus listrik. Perubahan ini dikirim ke sensor sentuh. Lalu,diteruskan ke pengontrol. Layar  sentuh ini hanya bekerja dengan sentuhan jari. Kalau disentuh benda-benda lain seperti kuku jari,layar ini tidak akan bereaksi.
Resitive
Jenis layar sentuh ini memiliki beberapa lapisan. Tapi,ada dua lapisan yang terpenting. Jarak antar kedua lapisan itu dekat sekali. Jika layar disentuh atau ditekan,kedua lapisan itu akan bersentuhan. Layar sentuh ini dapat disentuh jari,kuku jari,stylus,dll. Tetapi kadang layar seperti ini kurang peka sehingga perlu lebih ditekan.
Surface Acoustic Wave
Layar sentuh ini menggunakan gelombang ultrasonik yang melewati layar sentuh. Ketika lapisan layar disentuh,sebagian gelombang akan terserap. Perubahan itu menandakan letak posisi sentuhan. Kemudian,perubahan gelombang dikirim ke pengontrol untuk diproses.
Multi Sentuh
Layar ini dapat disentuh oleh lebih dari satu jari,bahkan disentuh oleh puluhan jari dari tangan yang berbeda-beda secara bersamaan. Dengan layar multi sentuh ini,kita bisa membesarkan,mengecilkan,mengubah posisi dan memindahkan posisi objek pada layar monitor.

·                      Kekurangan layar sentuh
Sedikit saja terdapat debu,air atau benda lain yang menempel di atasnya maka layar sentuh dapat mendeteksinya sebagai suatu sentuhan. Maka itu layar sentuh harus dijaga dengan ekstra hati-hati.


3.  Penutup
·        Kesimpulan
Pengguna dapat berinteraksi langsung dengan komputer dan mendapatkan pengalaman baru melalui sentuhan tangan dan fitur-fitur multimedia di dalamnya.


·        Saran
Jika kita ingin merasakan layar touchscreen namun tidak punya PDA atau Tablet PC,pergilah ke mall-mall atau ke mesin ATM. Di sana kita akan menemukan sebuah aplikasi touchscreen.